SELAMAT DATANG DI BLOG INI. . . BERI MAKAN IKANNYA DENGAN MENG-KLIK PADA KOLAM !!

Rabu, 13 November 2013

Faktor Resiko Timbulnya Penyakit Malaria



   
  Faktor Resiko Timbulnya Penyakit Malaria
Menurut Depkes RI (1999 : 5) beberapa faktor resiko terjadinya penyakit malaria yaitu :
a.       Prilaku
Perilaku yang dimaksud dapat mempengaruhi terjadinya penyakit malaria adalah perilaku hidup seseorang dalam usaha melindungi dirinya dari gigitan nyamuk dan menjaga kebersihan sanitasi lingkungan dimana ia tinggal sehingga tidak ada kemungkinan vektor penyebab penyakit malaria untuk berkembang.  
b.      Pencahayaan
Rumah yang sehat memerlukan cahaya yang cukup. Cahaya matahari sangatlah penting karena dapat mencegah bersarangnya nyamuk didalam rumah. Oleh karena itu rumah harus mempunyai jalan masuk cahaya yang cukup seperti jendela dan ventilasi. Jendela dan ventilasi mempunyai banyak fungsi diantaranya untuk menjaga aliran udara di dalam rumah agar tetap sehat, menjaga keseimbangan oksigen dan menjaga kelembaban udara di dalan rumah
c.       Suhu udara
Suhu udara sangat mempengaruhi panjang pendeknya siklus sporogoni atau masa inkubasi ekstrinsik. Makin tinggi suhu makin pendek masa inkubasi ekstrinsik dan sebaliknya makin rendah suhu siklus ekstrinsik makin tinggi 
d.      Musim
Terdapat hubungan langsung antara musim dan perkembangan larva nyamuk anopheles menjadi bentuk dewasa. Nyamuk anopheles akan lebih cepat berkembang pada musim hujan apalagi pada hujan yang deras dengan jumlah hari hujan yang cukup lama sebab hal itu akan mempengaruhi tempat nyamuk anopheles atau tempat perindukannya berkembang.
e.       Angin
Kecepatan angin pada saat matahari terbit dan terbenam yang merupakan saat terbangnya kedalam atau keluar rumah adalah salah satu faktor yang ikut menentukan jumlah kontak antara manusia dengan nyamuk.
f.       Saluran pembuangan air limbah
Saluran pembuagan air limbah juga dapat mempengaruhi terjadinya penyakit malaria, apabila saluran air limbah tersebut tidak diperhatikan dengan baik keadaan sanitasinya serta aliran limbahnya apakah tergenang atau tidak sebab nyamuk anopheles menyukai tempat yang airnya statis atau mengalir sedikit sebagaimana kita ketahui bahwa air limbah yang tidak diolah dengan baik akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan masyarakat dan lingkungan hidup diantaranya menjadi transmisi atau media berkembang biaknya nyamuk.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar