PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KEPERAWATAN DI INDONESIA
Perkembangan pendidikan Kep.di Indonesia diawali dgn. Adanya keinginan atau kegiatan yg tidak terkoordinasi dalam upaya mewujudkan wadah pendidikan Kep.sebagai Akademik atau institusi pendidikan,dan slanjutnya dikenal dgn nama Akademi Kep. Saat itu belum terdapat perkumpulan yg mewadai para perawat di Indonesia secara Nasional,namun lambat laun terdapat kelompok-kelompok perawat yg berupaya agar pelaksanaan perawat di Indonesia dilaksanakan dgn baik.
Sejak januari
1983 pada lokakarya nasional ttg kep. Yg melibatkan seluruh komponen
keperawatan, dinyatakan Kep. Adalah suatu profesi. Sejak itu Kep. Dilakukan
secara terencana,khususnya pengembangan kep.pada jenjang pendidikan tinggi yg
berorientasi pada pelayanan Askep.
Kep.sebagai
profesi memerlukan proses perubahan yg mendasar,yakni perubahan ttg
pandangan/keyakinan dari non profesional menjadi profesional. Selain itu
perubahan pandangan ttg pelaksanaan Askep yg bersifat prosedural menjadi asuhan
yg lebih menekankan pada metode ilmiah dan bersifat mandiri
Perkembangan
Kep.sebagai profesi dapat ditinjau secara Historikal dan secara Konseptual.
Secara Historikal,yakni sesuai dgn perubahan waktu perkembangan yg dimulai thn.
1945-1962,periode thn. 1963-1983,thn. 1984-sekarang, sedangkan perubahan secara
konseptual dititikberatkan pada perkembangan kep. Ditinjau dari konsep-konsep
yg mendasari Kep.sebagai profesi.
PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KEP.SECARA HISTORIKAL
Pada periode
awal kemerdekaan (1945-1950) merupakan transisi pemerintahan Negara
Indonesia,blum ada tanda-tanda perkembangan. Penggunaan tenaga kep. Masih
menggunakan sistem pendidikan yg telah ada,yakni perawat lulusan pendidikan
belanda(MULO + 3 thn pendidikan),ada juga pendidikan perawat dgn dasar (SR + 4
thn pendidikan) danlulusannya disebut Mantri Juru Rawat.
Thn. 1953 baru
dibuka SPR(sekolah pengatur rawat) yg dianggap lulusannya lebih berkualitas.n
Thn.1955 dibuka Sekolah Djuru Kesehatan(SDK)
dgn pendidikan dasar SR + 1 thn ,Sekolah Pengamat Kesehatan sebagai
pengembangan dari SDK + 1 thn pendidikan.
Pengembangan
Kep. Masih belum berubah,thn.1962 dibuka Akper dgn pendidikan dasar umum SMA
……………………
Bertempat di RS Cipto mangunkusumo yg sekarang dikenal dg
nama Akper Depkes di Jln.Kimia No.17 Jakrat Pusat. Meskipun sudah ada
pendidikan tinggi namun pola pengembangan pendidikan kep.belum tampak,belum
terlaksananya tri darma perguruan tinggi,mereka masih berorientasi pada
keterampilan tindakan dan belum dikenalnya konsep kurikulum Kep. ,pola ketenagaan
untuk pelayanan kep.belum jelas,bentuk kegiatan Kep.masih berorientasi pada
keterampilan prosedural yg lebih dikenal dgn perpanjangan dari pelayanan Medis.
Periode 1963-1983
Pada thn. 1972
tepatnya tg. 17 April,lahirlah organisasi profesi dgn nama “persatuan Perawat
nasional Indonesia (PPNI) di jakarta
Thn. 1983 PPNI
terlibat penuh dalam pembenahan pendidikan kep.melaluikerjasama dgn Depkes dan
organisasi lainnya dan saat itu pula telah dilaksanakan lokakarya kep dan
disepakati bersama bahwa kep sebagai profesi.
Periode 1984-Sekarang.
Sejak thn 1985
telah dibuka pendidikan S1 Kep.dgn nama Program Studi Ilmu Kep.di FK –UI.
Keberadaan tenaga kep.diakui sebagai profesi dalam UU No.23 ttg kes. Thn.1992
dan PP N0.32 thn.1996. Thn.1996 dibuka PSIK di Universitas Padjajaran
bandung,saat itu pula konsep model praktik kep.diserahkan PPNI. Thn.1997,PSIK
–UI berubah satusnya menjadi Fakultas Ilmu Kep. Thn. 1998,kurikulum pendidikan
Ners disyahkan dan digunakan. Thn.2000 telah dimulainya atau diterimanya
pelayanan kep. Atau asuhan profesional yg mandiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar