SELAMAT DATANG DI BLOG INI. . . BERI MAKAN IKANNYA DENGAN MENG-KLIK PADA KOLAM !!

Jumat, 08 November 2013

Sejarah Keperawatan di Indonesia

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KEPERAWATAN DI INDONESIA
        
           Perkembangan pendidikan Kep.di Indonesia diawali dgn. Adanya keinginan atau kegiatan yg tidak terkoordinasi dalam upaya mewujudkan wadah pendidikan Kep.sebagai Akademik atau institusi pendidikan,dan slanjutnya dikenal dgn nama Akademi Kep. Saat itu belum terdapat perkumpulan yg mewadai para perawat di Indonesia secara Nasional,namun lambat laun terdapat kelompok-kelompok perawat yg berupaya agar pelaksanaan perawat di Indonesia dilaksanakan dgn baik.
       Sejak januari 1983 pada lokakarya nasional ttg kep. Yg melibatkan seluruh komponen keperawatan, dinyatakan Kep. Adalah suatu profesi. Sejak itu Kep. Dilakukan secara terencana,khususnya pengembangan kep.pada jenjang pendidikan tinggi yg berorientasi pada pelayanan Askep.
       Kep.sebagai profesi memerlukan proses perubahan yg mendasar,yakni perubahan ttg pandangan/keyakinan dari non profesional menjadi profesional. Selain itu perubahan pandangan ttg pelaksanaan Askep yg bersifat prosedural menjadi asuhan yg lebih menekankan pada metode ilmiah dan bersifat mandiri
      Perkembangan Kep.sebagai profesi dapat ditinjau secara Historikal dan secara Konseptual. Secara Historikal,yakni sesuai dgn perubahan waktu perkembangan yg dimulai thn. 1945-1962,periode thn. 1963-1983,thn. 1984-sekarang, sedangkan perubahan secara konseptual dititikberatkan pada perkembangan kep. Ditinjau dari konsep-konsep yg mendasari Kep.sebagai profesi.
PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KEP.SECARA HISTORIKAL
      Pada periode awal kemerdekaan (1945-1950) merupakan transisi pemerintahan Negara Indonesia,blum ada tanda-tanda perkembangan. Penggunaan tenaga kep. Masih menggunakan sistem pendidikan yg telah ada,yakni perawat lulusan pendidikan belanda(MULO + 3 thn pendidikan),ada juga pendidikan perawat dgn dasar (SR + 4 thn pendidikan) danlulusannya disebut Mantri Juru Rawat.
      Thn. 1953 baru dibuka SPR(sekolah pengatur rawat) yg dianggap lulusannya lebih berkualitas.n Thn.1955 dibuka Sekolah Djuru Kesehatan(SDK)  dgn pendidikan dasar SR + 1 thn ,Sekolah Pengamat Kesehatan sebagai pengembangan dari SDK + 1 thn pendidikan.
       Pengembangan Kep. Masih belum berubah,thn.1962 dibuka Akper dgn pendidikan dasar umum SMA ……………………
Bertempat di RS Cipto mangunkusumo yg sekarang dikenal dg nama Akper Depkes di Jln.Kimia No.17 Jakrat Pusat. Meskipun sudah ada pendidikan tinggi namun pola pengembangan pendidikan kep.belum tampak,belum terlaksananya tri darma perguruan tinggi,mereka masih berorientasi pada keterampilan tindakan dan belum dikenalnya konsep kurikulum Kep. ,pola ketenagaan untuk pelayanan kep.belum jelas,bentuk kegiatan Kep.masih berorientasi pada keterampilan prosedural yg lebih dikenal dgn perpanjangan dari pelayanan Medis.
Periode 1963-1983
        Pada thn. 1972 tepatnya tg. 17 April,lahirlah organisasi profesi dgn nama “persatuan Perawat nasional Indonesia (PPNI) di jakarta
        Thn. 1983 PPNI terlibat penuh dalam pembenahan pendidikan kep.melaluikerjasama dgn Depkes dan organisasi lainnya dan saat itu pula telah dilaksanakan lokakarya kep dan disepakati bersama bahwa kep sebagai profesi.
Periode 1984-Sekarang.
       Sejak thn 1985 telah dibuka pendidikan S1 Kep.dgn nama Program Studi Ilmu Kep.di FK –UI. Keberadaan tenaga kep.diakui sebagai profesi dalam UU No.23 ttg kes. Thn.1992 dan PP N0.32 thn.1996. Thn.1996 dibuka PSIK di Universitas Padjajaran bandung,saat itu pula konsep model praktik kep.diserahkan PPNI. Thn.1997,PSIK –UI berubah satusnya menjadi Fakultas Ilmu Kep. Thn. 1998,kurikulum pendidikan Ners disyahkan dan digunakan. Thn.2000 telah dimulainya atau diterimanya pelayanan kep. Atau asuhan profesional yg mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar